Jumat, 15 Januari 2010

Pentingnya Data

Banyak orang yang memikir data hanya dapat merepotkan untuk mendapatkan dan mengelolanya. Tapi data adalah modal keberhasilan strategi sebuah usaha.
Banyak sekali perusahaan yang berjalan tanpa mementingkan data. Jadi hampir bisa dikatakan perusahaan selama ini berjalan biasa saja.

Bagi beberapa perusahaan data menjadi sesuatu yang asing dan tidak menjadi prioritas (tak terpikirkan sama sekali).

Dengan data, kita bisa bersaing dengan pengusaha lain, dengan asumsi bahwa produk dan strategi kita lebih baik.

Data adalah bentuk sederhana dari informasi. Informasi yang paling penting dalam menentukan dan menjalankan strategi peusahaan. Data terkait dengan perusahaan , terutama adalah mengenai perusahaan itu sendiri, pesaing, pasar dan konsumen. Lingkup yang sering dibahas adalah 4C (costumer, competitor, company dan change). 4 lingkup yang mutlak ini harus dimiliki perusahaan, selayaknya di dukung oleh sistem yang kompeten dalam mengumpulkan data akurat, baik yang mengukur masa lalu, sekarang dan masa depan. Hal ini untuk mengetahui seberapa jauh perusahaan/produk telah berjalan, bagaimana kondisi perusahaan/produk dibandingkan dengan pesaing, bagaimana produk di mata konsumen dan peluang apa yang bisa digarap produk di masa yang akan datang. Seluruh informasi tersebut adalah sebuah tambang emas bagi perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar